Saturday 19 October 2013

Batik Jenogoroan (batik khas Bojonegoro)

Berbekal pelatihan selama 2 bulan di Jogjakarta dan Solo ibu Rahayu yang biasanya di panggil bu Yayuk, mampu mendirikan usaha batik jonegoroan yang di kemudian di beri nama MARELLY JAYA yang berdiri pada akhir 2009 dan bekerjasama dengan pemerintah setempat guna mempromosikan batik khas Bojonegoro.
Dengan berdirinya Marelly Jaya berarti ikut melestarikan budaya Indonesia yaitu batik yang biasa disebut batik Bojonegoroan. Dan pemasaran batik sekarang hingga diluar daerah Bojonegoro. Batik Jenogoran yang diproduksi oleh Marelly Jaya mempunyai 3 jenis batik antara lain :
a) Batik tulis
b) Batik semi tulis
c) Batik cap


Proses produksi dalam pembuatan batik jonegoroan yang dibutuhakan meliputi input, proses membatik dan produk.
1) Input

Proses pembuatan batik jenogoroan bahan- bahan yang di butuhkan di pesan dari Solo dan Jogjakarta selain itu juga jumlah bahan kadang tergantung pesanan.
a. Kain : Membuat Batik Tulis bahan- bahan ynag digunakan kain putih putih ini kita sebut “White Cambric”. Jadi khusus / special kain tersebut untuk batik. Sebelum kain ini di batik, kita cuci terlebih dahulu, dan kalau akan di batik dengan menggunakan warna harus di “ketel” atau di “loyor” dengan direbus terlebih dahulu. Dan mencucinya tidak boleh menggunakan sabun, maksud dari pencucian tersebut ialah untuk menghilangkan kanji pabrik dan lemak
Tertarik Untuk Membeli ?Silahkan anda kunjungi http://marelyjaya.com/

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Photoshop Patterns | Free Backgrounds